Tempati Urutan Kedua Elektabilitas AHY Tempel Ketat Prabowo

0
26
elektabilitas AHY nomer dua

PersMerdeka.com – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati urutan kedua dalam rilis survei yang dilakukan Arus Survei Indonesia (ASI)  terkait elektabilitas petinggi partai politik yang menjadi kandidat calon presiden atau calon wakil presiden.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih menjadi petinggi partai teratas dengan elektabilitas 14 persen, ditempel ketat oleh AHY dengan 13,2 persen.

“Agus Harimurti Yudhoyono 13,2 persen, A Muhaimin Iskandar 10,2 persen merupakan figur dari klaster pimpinan partai yang paling layak jadi capres-cawapres 2024,” ujar Direktur Eksekutif ASI, Ali Raf’an, dalam rilis daringnya, Selasa (8/6).

Di bawah Muhaimin Iskandar, ada nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (9,2 persen), Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani (8,0 persen), dan Ketua Partai Nasdem Surya Paloh (7,7 persen). Kemudian, ada nama Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (6,7 persen).

“Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sama, yaitu 3,5 persen,” ujar Ali.

Sementara, peserta survei yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 24,0 persen. Ali mengatakan, belum ada sosok pimpinan partai yang memiliki elektabilitas yang dominan di atas 15 persen.

“Temuan survei nasional ini menyimpulkan bahwa terkait kontestasi Pilpres 2024 belum ada figur dengan elektabilitas dominan dan eksponensial,” ujar Ali.

Dalam survei tersebut, ASI menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang. Dengan margin of error kurang lebih sebesar 3,10 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pengambilan data survei dilakukan pada 1 hingga 7 Mei 2021 dengan cara mewawancarai para responden melalui telepon. Nomor telepon responden dalam survei ini didapat dari database ASI dalam rentang tiga tahun terakhir.

Partai Demokrat sendiri dalam survei tersebut menempati urutan keempat dengan 7,9 persen di bawah PDIP, Gerindra, Golkar dan PKB. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono dalam 24 kanditat capres cawapres menempati urutan ke 5 dengan perolehan 6,4 persen.

dari 24 kandidat ini Prabowo masih menempati urutan pertama dengan 12,5 persen disusul Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno. Sedangkan Puan Maharani yang digadang akan mendapat rekomendasi PDIP hanya mendapatkan 2,3 persen saja.(JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here