Survei LP3ES : Geser Sandiaga dan Ridwan Kamil, AHY Tempati Urutan 4 Besar Capres

0
1134
survei LP3ES

Persmerdeka.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil menduduki posisi 4 besar dan menggeser Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil sebagai capres dalam survei LP3ES. Prabowo Subianto menjadi calon presiden favorit dibawahnya ada Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Hal itu terungkap pada survei LP3ES yang dilakukan pada 8-15 April 2021 dengan jumlah sampel mencapai 1.200 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan margin of error 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden diberi pertanyaan ‘Jika pemilihan presiden diselenggarakan hari ini, siapakah calon presiden yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih?’. Berikut 8 posisi teratas:

Prabowo Subianto: 16,4%
Anies Baswedan: 12,8%
Ganjar Pranowo: 9,6%
Agus Harimurti Yudhoyono: 8,8%
Ridwan Kamil: 7,5%
Sandiaga Uno: 6,2%
Tri Rismaharini: 4,3%
Gatot Nurmantyo: 1,8%

Prabowo Subianto masih memuncaki urutan pertama preferensi politik masyarakat sebagai Presiden, disusul Anies Rasyid Baswedan, Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil.

Kemudian, LP3ES juga mengukur tingkat popularitas ‘likeabilitas’ calon presiden. Responden diberi pertanyaan ‘Apakah Ibu/Bapak/Saudara KENAL atau pernah mendengar nama di bawah ini atau tidak? Apakah Ibu/Bapak/Saudara SUKA nama di bawah ini atau tidak?’. Berikut 5 posisi teratas:

Prabowo Subianto
Kenal: 92,4%
Suka: 76,9%

Sandiaga Uno
Kenal: 83,9%
Suka: 75,8%

Anies Baswedan
Kenal: 77,5%
Suka: 65,1%

Agus Harimurti
Kenal: 75,5%
Suka: 61,7%

Ridwan Kamil
Kenal: 60,3%
Suka: 53,8%

Dari sejumlah tokoh, lima di antaranya memuncaki hasil survei dari sisi ‘popularitas’ dan ‘likeabilitas’. Kelimanya secara berurutan adalah: Prabowo Subianto, Sandiaga Salahudin Uno, Anies Rasyid Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil.

Sedangkan figur Ketua Umum Partai Politik yang paling populer (5 terbesar) adalah Prabowo Subianto (27,6%), Megawati Soekarno Putri (23,3%), Agus Harimurti Yudhoyono (21,5%), Muhaimin Iskandar (6,8%), dan Airlangga Hartarto (6,1%).

Sedangkan terkait penilaian kinerja pemerintahan, hasil survei ini memperlihatkan jika sebagian besar masyarakat (63,1%) cenderung puas dengan kinerja Presiden Jokowi-Makruf Amin. Meskipun memberikan penilaian cenderung puas, penilaian terhadap kinerja presiden dan wakil presiden hanya mencapai kisaran 6 dari skala 1-10. Secara umum penilaian terhadap kinerja lembaga pemerintahan juga tidak jauh berbeda.

Bahkan Kinerja lembaga politik seperti Partai Politik (53,3%) dan kepanjangan tanggannya DPR (55,2%) / DPRD (59,5%) berada pada penilaian rendah atau kurang memuaskan dari masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here