Survei: Elektabilitas Partai Demokrat Terus Naik di Pilkada 2020

0
13

Persmerdeka.com– Survei elektabilitas Partai Demokrat terus melonjak dari hari ke hari. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani. Dikatakan Kamhar, tren ini ikut mempengaruhi elektabilitas pasangan Siti Nur Azizah dan Ruhamaben di Pilkada Tangerang Selatan terus mengalami kenaikan.

“Merespons hasil survei Indo Barometer yang menyatakan Azizah-Ruhamaben sulit menang di Tangsel karena melawan calon petahana,” kata Kamhar.

Menurutnya, survei internal partai dalam kurun September-November menunjukkan hal sebaliknya. “Paslon yang kami usung secara konsisten mengalami tren kenaikan sebesar 10,4 persen dari 11,8 persen menjadi 22,2 persen,” terangnya.

Sementara itu, dia mengatakan tren elektabilitas Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichan justru menurun. Benyamin merupakan calon wali kota Tangsel yang saat ini menjabat sebagai wakil wali kota Tangsel. Kemudian, pasangan Muhamad dan Rahayu Saraswati (Sara) disebut mengalami kenaikan.

Namun Kamhar mengatakan survei tersebut belum memotret situasi pasca munculnya isu korupsi benih lobster yang dikait-kaitkan dengan Sara.

“Mencermati data di atas, semua paslon masih dalam range tingkat elektabilitas dan peluang menang yang hampir sama. Masih dalam range margin of error,” tutur Kamhar.

Kendati begitu, dia optimistis Azizah yang merupakan putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ruhamaben bisa menang di Pilkada Tangsel. Kamhar menyebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY) pun mengatakan jauh lebih penting menang di tempat pemungutan suara (TPS) daripada sekadar di survei.

(YT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here