Soal Swasembada Pangan, Politisi Demokrat Christ Wamena Tagih Janji Jokowi: Sudah 6 tahun Tapi Tidak Pernah Ditunaikan

0
13

Persmerdeka.com-  Politisi asal Papua Christ Wamea menanggapi perihal janji Presiden Joko Widodo bawa swasembada pangan dalam tiga tahun sejak dilantik pada periode pertama di tahun 2014. Hingga sekarang pun, menurut dia janji tersebut belum bisa dipenuhi.

Swasembada pangan yang pernah jadi andalan di zaman era Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono tersebut sekarang tinggal kenangan. Seperti tampak masih di awang-awang. Produksi kedelai malah lunglai akibatnya salah satu makanan favorit rakyat hilang di pasaran.

“Janji yang membuat bapak kita selama 6 tahun sering kaget dan sering jengkel tapi tidak pernah ditunaikan,” tulisnya di laman media sosial Twitter miliknya @PutraWadapi.

Sebagai informasi, di periode pertama tahun 2014-2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengucap janji terkait rencana swasembada pangan dalam 3 tahun. Tepatnya pada Desember 2014, saat Jokowi baru 2 bulan menjabat sebagai presiden, ia melontarkan janji itu di hadapan publik.

Jokowi awalnya sangat mewanti-wanti Menteri Pertanian saat itu, bila tak mampu menyelesaikan target tersebut, jabatannya bisa dicopot. Adapun beberapa komoditas yang jadi target swasembada di antaranya adalah kedelai, padi, jagung, dan gula.

(yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here