Sikap Tegas Indonesia Menghadapi Konflik Palestina Israel

0
182
indonesia

PersMerdeka.com – Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dengan penduduk mayoritas islam dan memiliki kebijakan luar negeri yang bebas dan aktif (non blok), berpandangan dan bersikap dalam menghadapi agresi militer yang dilakukan oleh Israel ke Palestina sejatinya dapat memberikan dukungan ke UN untuk resolusi bertanggung jawab dalam melindungi pencegahan perang, pembersihan etnis, kejahatan humanitas.

Indonesia yang menjalankan sistem politik demokrasi sangat menjunjung tinggi hak azasi manusia (HAM) salah satunya dalam rangka mewujudkan kehidupan manusia yang berkeadilan, damai, berperikemanusiaan yang berarti menempatkan manusia di atas segalanya.

Saatnya Indonesia mengambil sikap tegas sebagai bagian dari salah satu negara di dunia, bersatu dengan negara lainnya untuk menghentikan perang yang mengakibatkan korban jiwa dan penderitaan manusia yang berkepanjangan.

Kekhawatiran munculnya R2P yang terjadi terhadap masalah Papua, harus disikapi berbeda bahwa hal itu dalam konteks lain. Indonesia harus berani mengambil sikap dan berfokus pada nilai kemanusiaan, harapannya momentum ini justru menjadi jalan pembuka bagi penyelesaian masalah Papua.

Dr. SusiLawati MA., M.Han

Departemen Luar Negeri & Keamanan Nasional DPP Partai Demokrat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here