Peringati Idul Adha, AHY Ajak Masyarakat Tetap Jaga Protokol Kesehatan

0
3
idul adha

PersMerdeka.com – Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atas nama pribadi, keluarga, dan keluarga besar Demokrat mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada hari, Selasa (20/7).

“Semoga kurban kita sampai kepada mereka yang berhak, dan semoga ibadah kita diterima Allah SWT,” ujar AHY, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/7).

AHY mengingatkan agar semua pihak tetap menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam memperingati hari raya ini.

Sebab menurutnya, tidak ada yang lebih berharga daripada nyawa manusia.

Oleh karena itu, dia meminta semua pihak untuk bekerjasama memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Dalam memperingati hari raya ini, mari kita tetap jaga diri, keluarga, dan lingkungan masyarakat di sekitar kita. Menjalankan prosedur kesehatan dengan ketat, agar kita bisa segera memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19, dan mencegah korban terus berjatuhan,” kata AHY.

“Tidak ada yang lebih berharga daripada nyawa manusia. Tetap jaga kesehatan teman-teman,” tegasnya.

Tahun ini, Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP-PD) menerima belasan sapi kurban dari para kadernya.

Setidaknya ada 18 ekor sapi yang akan dikurbankan. Adapun ukuran sapi yang dikurbankan antara 450 kg hingga nyaris 1 ton.

AHY mengatakan, untuk menghormati pelaksanaan PPKM Darurat tahun ini DPP Partai Demokrat tidak melaksanakan penyembelihan kurban.

“Namun bekerja sama dengan Rumah Pemotongan Hewan Resmi (RPH) dan pihak yang langsung mengolah daging sapi menjadi rendang yang dikalengkan dan siap saji untuk nantinya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Kementerian Agama mengeluarkan aturan pelaksanaan Salat Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021 serta penyembelihan qurban di masa PPKM Mikro Darurat.

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021, berlangsung di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro Darurat. PPKM Mikro Darurat dimulai pada 3 Juli dan akan berakhir 20 Juli 2021.

Oleh karena itu, Kementerian Agama mengeluarkan aturan pelaksanaan Salat Idul Adha dan prosesi penyembelihan hewan kurban. Hal ini untuk melindungi masyarakat dari persebaran Covid-19.

Aturan itu dirangkum dalam surat edaran nomor 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat.

“Edaran ini mengatur peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah yang menghadirkan jemaah di masa PPKM Darurat ini,” kata Yaqut.(JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here