Miguel Oliveira Tercepat di FP1

0
5

Persmerdeka.com – Pebalap tim KTM Tech3 Miguel Oliveira menjadi yang tercepat di sesi latihan pertama (FP1) MotoGP di Sirkuit Algarve, Portimao, Jumat (20/11/2020).

Oliveira, yang juga pemenang Grand Prix Styria, merupakan satu-satunya pebalap asal Portugal yang berada di grid MotoGP musim ini. Seri kali ini juga menjadi debut bagi Sirkuit Algarve, Portimao, sebagai tuan rumah Grand Prix sekaligus sebagai seri penutup musim ini.

Portugal terakhir kali menghelat Grand Prix MotoGP pada 2012 silam di Sirkuit Estoril.

Pada sesi latihan pertama pada Jumat pagi yang cerah belum ada yang bisa menandingi catatan satu menit 40,122 detik Oliveira, dengan Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha terpaut margin tipis 0,040 detik di peringkat kedua.

Baca Juga:
Ledek Yamaha Angin-anginan, Begini kata Alex Marquez tentang MotoGP 2020

Pebalap Portugal Miguel Oliveira mencatatkan waktu tercepat di FP1 MotoGP seri pamungkas di Sirkuit Algarve, Portimao, Jumat (20/11/2020). [AFP]
Pebalap Portugal Miguel Oliveira mencatatkan waktu tercepat di FP1 MotoGP seri pamungkas di Sirkuit Algarve, Portimao, Jumat (20/11/2020). [AFP]

Aprilia mengirimkan kedua pebalapnya dalam rentang kurang dari 0,2 detik dari pemuncak sesi ketika Aleix Espargaro finis peringkat dan Lorenzo Savadori, yang menggantikan Bradley Smith, di peringkat empat.

Durasi sesi FP1 dan FP2 pada Jumat diperpanjang dari biasanya masing-masing 45 menit menjadi 70 menit.

MotoGP menyambangi Portimao untuk pertama kalinya dengan Joan Mir mengunci gelar juara dunia 2020 pekan lalu di Valencia.

Namun demikian, enam pebalap lainnya secara matematis masih memiliki peluang memperebutkan peringkat kedua di klasemen yang saat ini ditempati oleh Morbidelli.

Suzuki dan Ducati memiliki poin yang sama di puncak klasemen konstruktor, dengan Yamaha di peringkat tiga terpaut 13 poin.

Baca Juga:
Harapan Rossi di Balapan Terakhir Bersama Tim Pabrikan Yamaha

Jika Suzuki merebut gelar itu maka akan menjadi yang pertama bagi pabrikan Hamamatsu itu sejak 1982 sedangkan Ducati terakhir kali menjadi juara konstruktor pada 2007 dan Yamaha pada 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here