Meghan Markle Akan Melahirkan Jelang Usia 40 Tahun, Kenali Risikonya

0
2

Persmerdeka.com – Meghan Markle diperkirakan akan melahirkan anak kedua pada musim panas tahun ini. Dalam waktu berdekatan, Meghan juga akan genap berusia 40 tahun pada Agustus nanti.

Saat kehamilan pertamanya, istri Pangeran Harry itu melahirkan Archie ketika berusia 37 tahun. Dalam hak medis, hamil dan melahirkan di atas usia 35 tahun dinilai berisiko tinggi.

“Tidak ada yang maju tentang (usia) 35,” kata dokter kandungan di New York, Amerika Serikat Dr. Daniel Roshan dikutip dari Insider. 

Rata-rata usia persalinan di AS adalah sekitar 27 tahun, dibandingkan tahun 1993 ketika berusia 24 tahun. Jumlah perempuan yang memiliki anak di usia awal 40-an terus meningkat antara tahun 1985 hingga 2019. Kemudian tetap stabil pada tahun 2020 sementara tingkat kelahiran di kelompok usia lain berkurang. 

Baca Juga:
Lucinta Luna Unggah Foto Lebaran, Perut Buncit Jadi Sorotan

Meghan Markle. (Shutterstock)

Ada risiko yang harus dihadapi calonn ibu ketika hamil di atas usia 35 tahun. Usia menunjukkan semacam titik kritis ketika kesuburan bisa menjadi telah berkurang.

“Ada penurunan signifikan dalam kesuburan wanita yang dimulai pada sekitar usia 32 dan penurunan kesuburan ini menjadi jauh lebih signifikan setelah usia 37 tahun,” kata Dr. Belinda Yauger, OB-GYN dari Brooke Army Medical Center.

Ia menambahkan, penurunan kesuburan itu disebabkan karena jumlah sel telur yang diproduksi seorang perempuan menurun selama masa pubertas dan seterusnya, dan paling cepat setelah usia 37. Kualitas sel telur juga menurun, meningkatkan risiko pasien untuk kelainan kromosom yang menyebabkan kondisi seperti autisme dan keguguran. 

Sementara risiko keguguran sekitar 13 persen pada perempuan di bawah 35 tahun, itu 54 persen pada perempuan berusia 44 tahun ke atas, kata Yauger.

Orang yang hamil setelah 35 tahun juga lebih mungkin alami tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, dan pembekuan darah tertentu. Peluang mereka lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat lahir rendah, melahirkan bayi prematur, atau mengandung kelipatan. Kehamilan yang lebih tua juga meningkatkan risiko operasi caesar dan masuk ICU.

Baca Juga:
Tasya Kamila Dikira Hamil Lagi saat Pamer Foto Lebaran, Ini Penyebabnya

Beberapa dari risiko ini hanyalah cerminan dari kondisi medis yang berkaitan dengan usia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here