Kontingen Jabar Bidik Juara Umum di PON XX Papua, Prokes Harus Dijaga

0
2

Persmerdeka.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua digelar pada 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021. Gelaran itu dinilai bakal memancing kerumunan jumlah besar sekaligus memperbesar potensi penularan virus corona atau COVID-19.

Chief de Mission Kontingen PON XX Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, ajang tersebut dipastikan memicu adrenalin para atlet untuk merebut kejuaraan. Namun, kepatuhan protokol pada segala kegiatan perhelatan agar dipatuhi secara total agar tak kecolongan terpapar COVID-19 hingga memunculkan klaster baru.

“Melihat secara langsung bagaimana persiapan para atlet yang akan berangkat ke Papua, yang saya lihat kali ini bahwa atlet-atlet dikondisikan pada titik akhir ini mereka benar-benar disiapkan untuk bertanding dalam PON XX Papua,” ujar Setiawan, Selasa 14 September 2021.

Setiawan mengimbau semua delegasi konsisten menjaga kekompakan. “Kesiapan dari berbagai segi termasuk logistik benar-benar siap. Kedua saya melihat dari sisi persiapannya, dari komunikasi atlet dan pelatih itu sangat baik sekali. Tentu saja bahwa PON ini adalah ultimate di dalam pesta olahraga ini, kekompkan harus tetap terjaga,” katanya.

“Kita membawa nama kontingen Jawa Barat. Karena itu kekompakan harus terjalin, baik offisial, para manager tim, pelatih, dan atlet dan saya melihat ada,”  tambah Sekretaris Daerah Jabar ini.

Setiawan menambahkan, bila ingin meraih Juara umum, Kontingen Jabar harus meraih 20-24 persen medali emas, atau setara 137-160 medali emas. “Kita targetnya adalah, kurang lebih kalau ingin juara umum, kita harus meraih medali emas 20-24 persen. Jadi kalau kita dijumlahkan sekitar 137-160-an medali emas,” katanya.

Selain itu, Setiawan mengungkap sejumlah cabang olahraga (cabor) unggulan yang diprediksi menjadi lumbung medali, seperti di antaranya pencak silat, voli, taekwondo, karate, gulat. 

Untuk diketahui, total kontingen PON XX Jabar berdasarkan SK Gubernur Jabar No: 426/Kep.528-Dispora/2021 berjumlah 1.239 orang yang terdiri dari 770 atlet, 394 manager dan ofisial, serta 75 orang pendukung. Kontingen Jabar akan mengikuti 37 cabor. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here