Indonesia Terus Didorong Upayakan Keadilan untuk Etnis Uighur

0
4

Persmerdeka.com – Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (CENTRIS) mengingatkan negara-negara dunia khususnya Indonesia untuk terus mendesak China segera menghentikan aktivitas apapun terhadap etnis muslim Uighur di Xinjiang dan membuka diri terhadap tim investigasi independen.

Desakan ini harus dilakukan mengingat persoalan kemanusiaan minoritas muslim Uighur semakin sulit ditangani setelah China lebih memperketat dan menutup seluruh informasi terkait permasalahan tersebut.

“Tidak dapat dipungkiri, akses keluar masuk informasi situasi dan kondisi muslim Uighur semakin sulit. Masyarakat dunia tidak tahu apa terjadi atau yang menimpa mereka (etnis Uighur) di sana,” kata peneliti senior CENTRIS, AB Solissa, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 22 Juli 2021.

Solissa menilai negara-negara dunia dapat menggunakan momentum World Day of International Justice Day sebagai dasar mendesak dan mengingatkan pemerintah Tiongkok untuk membuka luas sekaligus memberikan akses keluar masuk bagi tim investigasi independen yang di inisiasi oleh organisasi HAM internasional, untuk melihat langsung sekaligus menangani persoalan etnis Uighur.

Sebagai bagian dari masyarakat dunia, lanjut dia, China sepatutnya menghormati ratifikasi dan isi World Day of International Justice yang disepakati oleh seluruh negara-negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here