Ilmuwan Australia Berhasil Ciptakan Berlian lewat Rekayasa Suhu Kamar

0
3

Persmerdeka.com – Ilmuwan asal Australian National University (ANU) dan RMIT University di Melbourne berhasil menciptakan berlian rekayasa suhu kamar. Pembuatan berlian ini memerlukan waktu selama beberapa menit saja.

Dilansir dari CNN pada Sabtu (21/11/2020), para peneliti menggunakan tekanan setara bobot 640 ekor gajah Afrika yang berdiri di atas ujung sepatu balet. Percobaan ini berhasil menciptakan dua jenis berlian yang berbeda secara struktural.

Salah satunya mirip berlian yang biasa digunakan untuk perhiasan. Sedangkan satunya lagi jenis “Lonsdaleite”, yang dapat ditemukan di lokasi tumbukan meteorit dan berguna untuk mengebor material keras di lokasi penambangan.

“Menciptakan lebih banyak berlian langka yang sangat berguna ini adalah tujuan jangka panjang dari pekerjaan kami,” kata Xingshuo Huang, seorang pakar, penyandang pascasarjana dari ANU,  yang bertugas di proyek itu.

Baca Juga:
Deteksi Radiasi Nuklir di Chernobyl, Ilmuwan Kerahkan Robot Anjing

Xingshuo Huang, mahasiswa pasca sarjana dari Australian National University tengah memegang peranti pembuat berlian yang dikerjakannya bersama tim [CNN.com].
Xingshuo Huang, mahasiswa pasca sarjana dari Australian National University tengah memegang peranti pembuat berlian yang dikerjakannya bersama tim [CNN.com].

“Mampu membuat dua jenis berlian dalam suhu kamar untuk pertama kalinya di lab kami sangatlah seru,” tambahnya.

Umumnya, berlian terbentuk melalui proses karbon yang dihancurkan dan dipanaskan jauh di bawah permukaan bumi. Proses ini memakan waktu hingga miliaran tahun. Alasan itulah yang membuat berlian menjadi material berharga.

Sedangkan penciptaan berlian sintesis bukanlah sebuah hal baru. Berlian ini telah dibuat di laboratorium sejak 1940-an. Tujuannya menciptakan berlian yang lebih murah, etis, dan ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here