Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan, Demokrat Pati Bagikan 800 Paket Daging Kurban

0
6
daging kurban

PersMerdeka.com – Hari Raya Idul Adha tahun ini Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Pati membagikan 800 paket daging sapi dan kambing kurban dalam kemasan besek anyaman bambu, Kamis (22/7).

Adapun hewan kurban yang dibagikan merupakan hasil iuran dari para kader. DPC Partai Demokrat Pati menyembelih satu ekor sapi seberat 700 kilogram dan dua ekor kambing.

Ketua DPC Partai Demokrat Pati, Joni Kurnianto bersyukur pihaknya masih bisa melaksanakan ibadah kurban pada masa pandemi Covid-19seperti sekarang ini.

Namun demikian, tahun ini dia tidak bisa ikut langsung membagikan daging kurban kepada masyarakat karena masih menjalani isolasi mandiri bersama sang istri karena terpapar Covid-19.

Joni mengatakan, pihaknya sengaja menggunakan kemasan besek bambu, bukannya plastik, karena ramah lingkungan. Adapun kemasan besek didapatkannya dari pengrajin di Desa Pulorejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati.

Dirinya menegaskan bahwa proses penyembelihan hewan kurban menggunakan protokol kesehatan yang ketat, semua petugas memakai maske, faceshield, dan sarung tangan.

“Kami menerapkan standar prokes ketat untuk penyembelihan 1 sapi dan 2 kambing. Petugas memakai masker, faceshield, dan sarung tangan. Kemudian pembagian bukan dilakukan di DPC, melainkan kami bentuk tim yang turun ke desa-desa sekitar untuk membagikan sekitar 800 besek daging kurban,” jelasnya.

Joni berharap kegiatan ini membawa keberkahan bagi semua pihak, apalagi saat pandemi dan PPKM Darurat yang serba membatasi masyarakat. Minimalnya bisa memberikan menu yang berbeda buat masyarakat saat PPKM Darurat.

Sementara, Bendahara DPC Partai Demokrat Pati Sunandar menyebut, sistem pembagian daging memang diatur sedemikian rupa supaya tidak menimbulkan kerumunan.

“Mekanisme tahun ini berbeda supaya tidak menimbulkan kerumunan. Kalau dulu masyarakat dikasih kupon dan hadir sendiri ke DPC,” ujar dia.

Adapun tahun ini, selain menerjunkan tim untuk mendistribusikan secara langsung, sejumlah perwakilan dari desa sasaran distribusi datang ke DPC.

“Satu orang perwakilan dari masing-masing desa sasaran datang ke sini mengambil, ada yang dapat 50 besek, 30 besek. Kemudian didistribusikan ke desa-desa di Kecamatan Pati. Selain itu 21 PAC (Pimpinan Anak Cabang) juga kami beri masing-masing 10 besek untuk dibagikan pada masyarakat sekitarnya,” terang dia.(JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here