FPD DPR RI Dorong Ratifikasi IE-CEPA dan Proteksi Komoditas Unggulan Dalam Negeri

0
31

PersMerdeka – Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI menyetujui terkait rencana ratifikasi tentang Comprehensive Economic Partnership Agreement Between The Republic Of Indonesia And The EFTA States (IE-CEPA).

Kendati demikian, FPD DPR RI pimpinan  yang juga pimpinan Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono  alias Ibas memberikan sejumlah catatan atas ratifikasi tersebut.

“Pertama FPD meminta Pemerintah untuk membuka askses pasar yang baru dan lebih luas melalui ratifikasi IE-CEPA,” kata Ibas, Senin, (22/3).

Ibas melanjutkan, FPD juga mendorong Pemerintah agar perjanjian IE-CEPA dapat memberikan ruang untuk fasilitas perdagangan dan investasi agar menjadi stimulus iklim penanaman modal di Indonesia.

“FPD meminta Pemerintah untuk terus meningkatkan kerjasama dalam bidang peningkatan kapasitas SDM,” tegas Ibas.

Ibas juga mengingatkan, agar Pemerintah dapat tetap melakukan upaya proteksi atas komoditas
unggulan hasil produksi dalam negeri. Hal ini, lanjutnya, agar  Indonesia tidak dirugikan akibat penerapan kebijakan atau regulasi negara lain.

“FPD mendorong kepada Pemerintah bahwa ratifikasi IE-CEPA juga harus mampu meningkatkan Kerjasama perdagangan jasa khususnya Kerjasama di bidang pariwisata dengan mengusung konsep sustainable tourism,” tandas Ibas.

Diketahui,  EFTA merupakan asosiasi perdagangan yang terdiri dari 4 negara Eropa. Antara lain adalah Islandia, Norwegia, Swiss, dan Liechtenstein. Ratifikasi IE-CEPA nantinya akan menjadi syarat dalam implementasi bagi IE-CEPA. Implementasi IE-CEPA akan memberikan manfaat bagi perdagangan Indonesia.

Menteri Perdagang M Lutfi mengatakan, jika perjanjian tersebut tak akan merugikan Indonesia karena hubungan dagang bersifat saling melengkapi atau komplementer.

Lutfi menegaskan, jika kerja sama dengan EFTA disebut akan menjadi kerja sama pertama Indonesia di wilayah Eropa.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here