DPC Demokrat Balangan, Sigap Bantu Korban Banjir

0
15

Persmerdeka.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Balangan, sigap memberikan bantuan korban banjir yang melanda sebagian besar Kalimantan Selatan. Adapun bantuan yang diberikan berupa kebutuhan bahan pokok, karena lebih dari 3 ribu rumah terendam di Kabupaten balangan Kalimantan Selatan

Mengutip dari akun twitter resmi Partai Demokrat, Ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Balangan Syamsudinoor turun langsung memberikan bantuan sembako kepada korban banjir.

“Ketua DPC partai Demokrat kabupaten Balangan, kalimantan Selatan, Syamsudinoor menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir yang melanda Kalimantan Selatan,”

Kegiatan tersebut sejalan dengan program yang digagas oleh ketua umum Partai Demokrat Agus harimurti Yudhoyono (AHY). Partai Demokrat sudah meluncurkan program Geraakan Nasional partai Demokrat Peduli dan Berbagi. Program ini bertujuan agar kader partai Demokrat seluruh Indonesia tanggap terhadap situasi bencana dan bisa membantu semaksimal mungkin.

Menurut data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan hingga 16 Januari 2021 pukul 02.00 WIB sebanyak 3.571 unit rumah terendam banjir di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, hal itu terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya sungai Balangan dan sungai Pitap.

“Rincian dari kerugian materil tersebut antara lain rumah terendam di Kecamatan Halong, sebanyak 931 unit, Kecamatan Paringin 20 unit, Kecamatan Juai 576 unit, Kecamatan Paringin Selatan 336 unit, Kecamatan Tebing Tinggi 836 unit dan Kecamatan Awayan 872 unit,” kata Raditya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/1/2021).

Raditya mengatakan, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, hingga saat ini banjir belum juga surut, tinggi muka air terpantau sekitar 50-150 cm.

Selain itu, BPBD Kabupaten Balangan, kata dia, juga melaporkan setidaknya 11.816 jiwa terdampak banjir akibat tersebut.

“Antara lain di Kecamatan Halong 2.952 jiwa, Kecamatan Paringin 93 jiwa, Kecamatan Juai 1.888 jiwa, Kecamatan Paringin Selatan 964 jiwa, Kecamatan Tebih Tinggi 2.828 jiwa dan Kecamatan Awayan 3.091 jiwa,” papar Raditya.

Sedangkan untuk jumlah pengungsi yang telah dievakuasi maasih dalam proses pendataan karena masih terus dilakukan upaya penyelamatan korban.

“Untuk jumlah pengungsi yang telah dievakuasi masih dalam proses pendataan,” pungkasnya.(JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here