Cara Mudah Memandikan Anak Kucing, Simak Hal yang Harus Diperhatikan Terlebih Dahulu

0
0

Persmerdeka.com – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang tidak suka dengan air namun suka merawat kebersihan diri atau self-grooming. Self-grooming yang dilakukan oleh kucing adalah dengan menjilat bulu-bulu pada badannya yang kotor. Meski begitu, kucing harus dimandikan agar bulu tetap terawat dan tidak menimbulkan bau. Lalu bagaimana cara mudah memandikan anak kucing?

Bagi sebagian besar orang, memandikan anak kucing bukan merupakan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Terlebih kucing bisa jadi mencakar yang dapat menyebabkan luka pada tubuh jika salah cara memandikannya.

Sebelum memandikan anabul, Anda harus mengetahui usia dari anak kucing. Dilansir dari laman Wikihow, anak kucing boleh saja dimandikan asal sudah berusia 2 bulan atau kurang lebih 8 minggu. Di mana pada usia ini anak kucing sudah tidak terlalu terikat dengan induknya dan tubuhnya cenderung menyimpan lapisan lemak untuk menghangatkan dirinya. 

Persiapkan sebelum memandikan anak kucing

Baca Juga:
Detik-detik Momen Penyelamatan Kucing Jatuh dari Ketinggian Stadion

Untuk memandikan anak kucing diperlukan benda-benda yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Pastikan benda yang diperlukan untuk memandikan anak kucing yang mudah digunakan agar proses memandikan kucing dapat lebih mudah.

Siapkan beberapa benda di bawah ini.

1. Ember plastik

Siapkan ember plastik yang dapat disesuaikan dengan ukuran anak kucing. Pastikan jangan sampai ukuran ember terlalu kecil bagi si anak kucing. Kamu juga dapat mengganti ember dengan wastel yang ada di rumah.

2. Handuk

Baca Juga:
5 Langkah Mudah Memandikan Kucing Tanpa Harus Takut Dicakar

Gunakan handuk khusus untuk kucing yang lembut dan dapat menyerap air secara maksimal

3. Sisir

Sisir dapat berguna untuk menghilangkan bulu anak kucing yang rontok dan merapikan bulu yang kusut setelah terkena air.

4. Kondisioner

Kondisioner menjadi salah satu benda opsional yang dapat digunakan untuk anak kucing. Pastikan untuk menggunakan kondisioner khusus untuk kucing.

5. Shampoo

Gunakan shampoo khusus yang tidak menggunakan bahan kimia dan pewangi.

Cara memandikan anak kucing

Memandikan anak kucing dilakukan saat bulu kotor dan bau. Lakukan beberapa tahapan berikut ini untuk memandikan anak kucing secara maksimal.

1. Potong kuku dan sisir bulu anak kucing

Pertama, potong kuku dan sisir terlebih dahulu bulu anak kucing. Langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari cakaran yang dapat menimbulkan luka pada tubuh saat anak kucing sedang berontak ketika dimandikan.

Kemudian hilangkan bulu rontok pada anak kucing dengan cara menyisirnya dengan lembut dan pelan.

2. Gunakan air hangat untuk memandikan anak kucing

Pastikan kamu menggunakan air hangat untuk memandikan anak kucing. Hindari untuk menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu dingin agar anak kucing tetap nyaman saat dimandikan.

3. Membilas tubuh dengan air hangat

Bilas sekujur tubuh anak kucing dengan pelan dan secara merata. Jangan sampai air tidak langsung terkena mata, hidung dan telinga.

Gunakan lap yang basah untuk membersihkan bagian muka dan jangan gunakan shampo karena ditakutkan masuk ke dalam mata dan telinga.

4. Memijat tubuh anak kucing

Agar anak kucing lebih rileks saat dimandikan, pijat sekujur tubuhnya dan ratakan shamponya.

5. Bilas dengan bersih

Bilas dengan air seluruh tubuh anak kucing agar semua kotoran terangkat bersama shampo. Apabila ada sisa shampo yang menempel, hal itu dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

6. Keringkan anak kucing

Setelah selesai dibilas, keringkan anak kucing dengan handuk dan pastikan anak kucing tidak terpapar langsung dengan matahari. Kamu juga dapat menggunakan hair dyrer untuk mengeringkan tubuh anak kucing.

Demikian informasi singkat tentang cara memandikan anak kucing dengan benar yang perlu diterapkan agar anak kucing tidak stres dan tetap dalam kondisi sehat. 

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here