Persmerdeka – Pola makan yang buruk, tidak berolahraga, serta stres, dapat menyebabkan penyakit datang dengan mudahnya. Selain memperbaiki gaya hidup, detoks organ tubuh juga penting dilakukan.

Dilansir dari Daily Health Post, inilah 7 organ tubuh penting yang memengaruhi kondisi kesehatan Anda, dan cara mendetoksifikasinya.

1. Hati

Tugas hati adalah mendetoksifikasi darah dan menghilangkan alkohol dan obat-obatan. Hati juga jadi penyimpanan vitamin dan zat besi, serta mengatur kolesterol, hormon, dan energi.

Konsumsi makanan berlemak yang berlebihan, atau konsumsi obat-obatan yang lama, bisa membuat organ ini kewalahan. Ini berarti, darah tidak dapat disaring secara efisien.

Untuk membersihkan hati, hindari gula tinggi, lemak tinggi, dan alkohol. Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti jahe, jintan merah, cabai rawit, lemon, tomat, bawang putih, kunyit, teh hijau, dan sayuran.

Anda dapat mendetoksifikasi hati dalam waktu 3 hari dengan diet ini.

2. Kantong empedu

Ketika tubuh Anda kelebihan racun, empedu yang dilepaskan di kantong empedu dari hati menjadi sangat pekat. Ini dapat menyumbat organ dan akhirnya menghasilkan batu empedu.

Batu empedu biasanya terjadi pada pasien dengan kolesterol tinggi, dan sering mengonsumsi makanan tinggi lemak. Penyebabnya juga bisa karena penurunan berat badan yang terlalu cepat atau tidak mengonsumsi cukup serat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here