Persmerdeka – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA menerima penghargaan internasional Global Islamic Finance Award (GIFA) Special Award 2020 pada kategori Kepemimpinan atas perannya mengembangkan perzakatan di Indonesia dan mendorong gerakan zakat dunia melalui World Zakat Forum (WZF).

Penghargaan tersebut diterima secara langsung dalam acara Global Islamic Finance Award (GIFA) 2020 yang dilakukan secara daring pada Senin, (14/9/2020).

“Penghargaan spesial GIFA 2020 terbesar diraih oleh Professor Bambang Sudibyo, Ketua Baznas, atas peran kepemimpinan globalnya dalam pengelolaan zakat,” demikian disampaikan pembawa acara, Amatul Saba dalam acara berdurasi 79 menit tersebut.

Bambang Sudibyo berterima kasih dan menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya dan menjadikan penghargaan ini sebagai pendorong untuk terus menggelorakan kebaikan zakat dalam memberikan manfaat bagi masyarakat luas khususnya bagi rakyat Indonesia dalam upaya pegentasan kemiskinan.

“Alhamdulillah, suatu kehormatan bagi kami dapat menerima penghargaan GIFA Special Award 2020 untuk kategori Leadership Role. Penghargaan ini merupakan penghargaan kepada 11 anggota yang saat ini memimpin Baznas secara kolektif kolegial,” katanya.

Ia menambahkan, sepanjang periode kepemimpinan tahun 2016-2020, Baznas menetapkan periode tersebut sebagai tahun Kebangkitan Zakat. Kebangkitan zakat merupakan momentum untuk menjadikan zakat sebagai pilar pemecah ketimpangan sosial, kebangkitan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, dan pengembangan sumber pendanaan untuk pembangunan kesejahteraan mustahik di luar APBN.

“Kami yakin penghargaan ini akan memperkuat semangat Baznas untuk meningkatkan laju pergerakan zakat di Indonesia dan dunia. Terlebih saat ini dunia tengah berada pada kondisi sulit, semoga manfaat zakat bisa dirasakan dalam membantu khususnya rakyat Indonesia rentan yang terdampak dari pandemi Covid-19,” kata Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Baznas juga menerima penghargaan GIFA Award 2020 sebagai organisasi zakat kategori Program Penyaluran Zakat Terbaik 2020. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas berbagai inovasi dalam membantu dan memberdayakan masyarakat miskin serta kelompok penerima zakat lainnya.

Prof.Dr.Bambang Sudibyo MBA. CA. adalah Ketua Baznas, lahir di Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 8 Oktober 1952. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan pada 1999-2000, kemudian Menteri Pendidikan Nasional untuk periode 2004-2009.

Bambang Sudibyo menjabat sebagai ketua Baznas sejak 2015 hingga sekarang. Selama kepemimpinannya, Baznas berkembang menjadi lembaga zakat yang dipercaya masyarakat, memiliki program-program inovatif, dan berhasil meningkatkan penghimpunan zakat rata-rata 33,7 persen per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here