Apa Itu Kiamat Internet? Ini Dampak dan Sejarahnya

0
0

Persmerdeka.com – Kiamat internet ramai dibicarakan karena peneliti Amerika Serikat memperingatkan adanya badai matahari dalam skala besar yang dapat mempengaruhi jaringan internet. Mau tahu lebih banyak tentang apa itu kiamat internet? simak artikel ini sampai selesai. 

Apa itu Kiamat Internet?

Apa itu kiamat internet disinggung dalam hasil penelitian bertajuk “Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse” yang disusun oleh Sangeetha Abdu Jyothi, asisten profesor di University of California, Irvine.

Dalam laporan tersebut dinyatakan infrastruktur internet yang ada saat ini masih belum siap menghadapi badai matahari dalam skala besar. Jika infrastruktur internet terganggu, maka besar kemungkinan akan terjadi pemadaman jaringan internet skala besar karena proses perbaikannya lama.

Baca Juga:
Ilmuwan Peringatkan Badai Matahari Bisa Sebabkan Kiamat Internet

Jadi dapat dikatakan, kiamat internet adalah ketika terjadi gangguan pada infrastruktur internet dalam skala besar dan waktu yang lama.

Penyebab Kiamat Internet

Dalam penelitian itu dijelaskan bahwa penyebab kiamat internet, salah satunya adalah solar wind. Matahari sering mengirim partikel bermuatan magnet ke Bumi atau dikenal sebagai solar wind dalam jumlah dan kecepatan tertentu. 

Solar wind mengalur keluar dari lapisan matahari yang bernama korona. Partikel terus dilepaskan dalam jumlah besar, mengikuti semburan matahari dan letusan lainnya. Solar wind merupakan partikel mengandung plasma dan terdiri atas campuran proton dan elektron (partikel magnet) ditambah beberapa elemen yang lebih berat. 

Partikel magnet yang dikirim dalam jumlah dan kecepatan wajar dapat ditepis oleh lapisan terluar bumi. Akan tetapi, dalam kurun waktu tertentu, solar wind bisa menjadi badai matahari yang besar.

Baca Juga:
Waspada, Badai Matahari Bisa Matikan Sinyal Radio di Bumi Minggu Ini!

Inilah yang dapat menyebabkan gangguan geomanetik di Bumi dan dapat berimbas pada infrastruktur jaringan internet. Peneliti mengungkap, dari keseluruhan infrastruktur jaringan internet yang ada, kabel bawah laut menjadi infrastruktur yang paling terdampak bila badai matahari ekstrem ini terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here