10 Teknik Dasar Sepak Bola untuk Pemula dan Penjelasannya

0
8

Persmerdeka.com – Teknik dasar sepak bola sebenarnya sangat beragam dan mesti dikuasai apabila Anda senang bermain bola. Sepak bola merupakan ajang perlombaan yang paling banyak digemari dan dikenal di seluruh dunia.

Banyak orang yang berlomba-lomba mengasah kemampuannya untuk bisa bergabung dengan klub sepak bola kenamaan. Tidak sedikit pula yang membuat olahraga ini sebagai hiburan semata.

Negara Eropa saat ini menjadi kerajaan bagi sepak bola dunia, karena setiap pemain sebak bola ingin bermain disana. Bahkan klub klub besar Eropa memiliki fan based yang masif seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki klub sepak bola kebanggannya sendiri. Mulai dari tim junior sampai tim profesional. Dalam bertanding, setiap tim harus mengirimkan 11 orang pemain untuk berlaga di lapangan.

Kedua kesebelasan bertanding selama 2 kali 45 menit. Dalam waktu yang cukup lama tersebut, seorang pemain sepak bola harus memiliki fisik yang baik agar bisa memenangkan pertandingan. Namun, sebelum melaju ke pertandingan, Anda harus menguasai teknik dasar sepak bola agar membawa tim meraih kemenangan.

Teknik dasar sepak bola

Teknik menggiring bola atau dribbling

Teknik ini adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola. Teknik ini dilakukan dengan cara menggiring bola dengan cara membawa bola menggunakan kaki dan sekaligus mengontrol laju bola.

Umumnya ada dua teknik dribbling yang bisa dilakukan oleh pemain. Pertama, speed dribbling merupakan teknik ketika seorang pemain membuang bola ke depan dan mengejarnya dengan cepat.

Kedua, closed dribbling adalah mengontrol bola secara penuh ketika sedang dalam posisi aman dari lawan. Selain itu, untuk menggunakan kedua teknik ini, pemain bisa menggunakan bagian dalam kaki, bagian punggung kaki dan bagian luar kaki.

Teknik mengoper bola atau passing

unsplash.com

Teknik ini harus dikuasai oleh seorang pemain karena permainan ini adalah permainan tim.  Oleh karenanya, setiap orang harus menguasai teknik mengoper bola yang baik kepada rekannya.

Teknik mengoper bola akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini harus dilakukan dengan benar agar bola yang diumpan tepat kepada pemain yang dituju. Selain itu, ada tig acara mengoper bola yaitu passing pendek, passing panjang atau through pass, dan passing jauh yang lebih dikenal sebagai umpan lambung.

Untuk mengoper bola, Anda harus berada dalam posisi yang tepat kepada pemain yang dituju. Kemudian ayunkan kaki dan umpan bola kepada pemain yang dituju. Pemain dapat menggunakan tiga bagian kaki untuk mengoper bola, yaitu bagian dalam, bagian punggung, dan bagian luar kaki.

Teknik menendang bola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here